Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara Pasang Monoshock di thunder 125

Banyak pemilik Suzuki Thunder 125 yang tak puas sama tampilan kaki-kaki belakang,
 mengaplikasi swing arm beserta sok tunggal (monosok). Itu wajar,
sebab suspensi model begitu dinilai lebih stabil dibanding bawaan Thunder yang dual shock.


Eits, tapi ternyata pemasangan monoshock di Thunder enggak bisa sembarangan lo!

"Parahnya kalau posisi lengan ayun dan sok enggak pas, bisa bikin handling jadi enggak karuan,"biasanya penurunan handling dirasakan pada monosok yang memiliki sistem pasang plug and play alias P'NP.



"Waktu itu gue pernah pakai arm lokal dipadu sok bawaan Yamaha MX. Gejalanya setang jadi limbung saat motor diajak nikung pada kecepatan tertentu,



Masuk akal! Sebab, pada dasarnya sasis Thunder memang tak dirancang untuk monosok! Alhasil peran sokbreker belakang sebagai penopang kekuatan sasis belakang ketika menerima tekanan beban seperti pembonceng jadi hilang (gbr.1).




Kelemahan lain, tipe monosok P'NP pada bagian dudukan sok atasnya hanya diikat dua baut. "Itu bisa bikin kedudukan sok ikut goyang saat motor diajak bermanu­ver tajam," bilang Ari Kristanto mekanik dari GMotor yang pernah mengalami beberapa kasus mengenai monosok jadi-jadian ini di Thunder pasiennya.



Trus kalau mau tetap aman, gaya dan stabil gimana? Ada dua pilihan! Yakni pertama mengganti sok bawaan pabrik dengan milik Bajaj Pulsar 200. Di kalangan anak klub Thunder, sokbreker itu jadi favorit karena rebound yang dihasilkan lebih keras dibanding bawaan asli Thunder.



Pilihan kedua, silakan aplikasi monosok. Tapi dengan catatan monosok yang dipakai bukan sistem P'NP dan juga jarak sumbu roda dan ketinggian motor jangan sampai berubah.



trus, perhatikan juga posisi kemiringan sok. Posisi sok (gbr.2) yang gak berada tepat di tengah sasis bisa menyebabkan as sok patah.





Selain itu, hal tersebut juga bisa bikin posisi ban belakang jadi enggak center dengan bodi dan sasis ketika dipantau dari belakang, (gbr.3)


Semoga Postingan ini bermanfaat untuk brogader thunderianz yang lain agar tetap safety riding!!

15 komentar:

  1. bang itu ngabisin brapa duit bang?

    BalasHapus
  2. om, kira" harga dudukan monosok berapa ya

    BalasHapus
  3. alamat bengkelnya di mana gan tlg informasinya bisa krm ke e-mailku oke_020773@yahoo.co.id trm ksh.

    BalasHapus
  4. Mas..swing arm yang pas...merek apa.mas....

    Thks

    BalasHapus
  5. Bagaimana kalo triple sok gan? Pakek monosok tp nggk Ninggal sok bawaan thunder?

    BalasHapus
  6. Sy pakai arm klx.monosock bison...sestim monotrack kok terlalu empuk...padahal tempat skokbawah sdh paling belakang

    BalasHapus
  7. Assallammuallaikum
    Mas numpang tanya. Monosok tander yg cocok aram motor apa mas,,,!!?

    BalasHapus
  8. Mf mo nanya alamat benkel daerh mna y..?

    BalasHapus
  9. Mf bos mo nanya yng pas buat thunder..swing arem mono shock apa...?

    BalasHapus
  10. Kok pertanyaan2nya ga ada yg dibales

    BalasHapus
  11. Tempat di mana ya itu penbikinan

    BalasHapus
  12. Bro..kalo pake arm pulsa 200 lubang bosh arm ada perubahan apa ngk...apa masih bisa pake bosh arm bawaan thunder apa ganti ...lebih tepatnnya pnp ngk arm pulsar 200 itu di ruang arm thunder..

    BalasHapus
  13. Bang.kalo arm pulsar 200 itu pnp ngk ke ruang arm thunder ..dan perubahan apa aja yg di perlukan...

    BalasHapus
  14. sy baca artikel di google, kl kita buka jok thunder bagian wah jok ada besi sisa nongol itu adalah dudukan monoshok krn katanya sejatinya thunder 125 atau en 125 kl dilahirkan monoshok spt suzuki drz 125,hyosung rx 125, dan beneli 150, krn kemungkinan shok nya pnp dgn mtr jenis mtr itu

    BalasHapus