Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara Pasang Monoshock di thunder 125

Banyak pemilik Suzuki Thunder 125 yang tak puas sama tampilan kaki-kaki belakang,
 mengaplikasi swing arm beserta sok tunggal (monosok). Itu wajar,
sebab suspensi model begitu dinilai lebih stabil dibanding bawaan Thunder yang dual shock.


Eits, tapi ternyata pemasangan monoshock di Thunder enggak bisa sembarangan lo!

"Parahnya kalau posisi lengan ayun dan sok enggak pas, bisa bikin handling jadi enggak karuan,"biasanya penurunan handling dirasakan pada monosok yang memiliki sistem pasang plug and play alias P'NP.



"Waktu itu gue pernah pakai arm lokal dipadu sok bawaan Yamaha MX. Gejalanya setang jadi limbung saat motor diajak nikung pada kecepatan tertentu,



Masuk akal! Sebab, pada dasarnya sasis Thunder memang tak dirancang untuk monosok! Alhasil peran sokbreker belakang sebagai penopang kekuatan sasis belakang ketika menerima tekanan beban seperti pembonceng jadi hilang (gbr.1).




Kelemahan lain, tipe monosok P'NP pada bagian dudukan sok atasnya hanya diikat dua baut. "Itu bisa bikin kedudukan sok ikut goyang saat motor diajak bermanu­ver tajam," bilang Ari Kristanto mekanik dari GMotor yang pernah mengalami beberapa kasus mengenai monosok jadi-jadian ini di Thunder pasiennya.



Trus kalau mau tetap aman, gaya dan stabil gimana? Ada dua pilihan! Yakni pertama mengganti sok bawaan pabrik dengan milik Bajaj Pulsar 200. Di kalangan anak klub Thunder, sokbreker itu jadi favorit karena rebound yang dihasilkan lebih keras dibanding bawaan asli Thunder.



Pilihan kedua, silakan aplikasi monosok. Tapi dengan catatan monosok yang dipakai bukan sistem P'NP dan juga jarak sumbu roda dan ketinggian motor jangan sampai berubah.



trus, perhatikan juga posisi kemiringan sok. Posisi sok (gbr.2) yang gak berada tepat di tengah sasis bisa menyebabkan as sok patah.





Selain itu, hal tersebut juga bisa bikin posisi ban belakang jadi enggak center dengan bodi dan sasis ketika dipantau dari belakang, (gbr.3)


Semoga Postingan ini bermanfaat untuk brogader thunderianz yang lain agar tetap safety riding!!

Rabu, 26 Oktober 2011

Next modification


Nie Modif minimalis yg ter update,tp bukan yang terakhir.Pemasangan stang jepit punya ninja KRR bikin handling lebih nyaman,apalagi kalau buat jalan lurus perkotaan.
yang perlu di perhatikan,ke Presisian antara stang kiri dan kanan,soalnya kalau miring dikit aja kerasa gak enak bawanya.dan kekencangan pemasangan baut juga musti di perhatikan,coz kekuatan nya hanya di baut aja,jadi kalau masangnya kurang kuat,pas ada lobang bakal geser tuwh posisi stang jadi gak center